[IIS RECAP] Webinar STAIR: The Politics of Video Games in IR

Jumat (8/09) lalu Institute of International Studies, Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan edisi ketujuh dari Seminar STAIR (Science Technology and Arts in International Relations) secara daring via Zoom Meeting. Tema diskusi kali ini adalah “The Politics of Video Games in IR”. dalam kesempatan kali ini, IIS UGM mengundang dua pembicara untuk membagikan ilmunya seputar politik dalam dunia video game. Pembicara pertama adalah Dr. Ardian Indro Yuwono, Dosen Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada yang juga sering meneliti tentang video game. Pembicara kedua adalah Amanda Dara Amadea, Alumni Ilmu Hubungan Internasional UGM sekaligus perwakilan dari RIOT Games. Untuk mendampingi kedua pembicara, Masako Omposunggu (IIS UGM) bertugas sebagai moderator, dan turut didampingi oleh Suci Lestari Yuana (Inisiator program STAIR dan Dosen HI UGM) dan Muhammad Rum (Dosen HI UGM) yang berperan menjadi penanggap diskusi.

Diskusi dibuka dengan pembahasan singkat dari Dr. Ardian yang membahas mengenai bagaimana video game secara bertahap mulai menjadi salah satu media populer yang menarik untuk dikaji. Image video game yang dulu hanyalah sebatas permainan untuk melepas penat kini dapat menjadi objek penelitian tentang berbagai macam isu, termasuk politik. Isu – isu HI seperti konflik, perang, diskriminasi dan lain – lain juga terap ditemukan dalam video game, seperti contohnya game – game tahun 2000-an yang seringkali mengambil tema Perang di Afghanistan atau Irak sebagai hasil dari kampanye War on Terror Amerika Serikat sebagai respon atas serangan teror 9/11. Oleh karena itu, video game kini menjadi semakin menarik untuk diteliti, dan prospek video game yang semakin terjangkau oleh banyak pihak kedepannya juga berperan penting dalam hal tersebut.

Dara melanjutkan sesi dengan membagikan pengalamannya sebagai seorang alumni Ilmu Hubungan Internasional yang kini telah cukup lama berpartisipasi dalam dunia video game dan juga pandangannya terhadap situasi industri video game dewasa ini. Kini, video game menjadi lebih terbuka terhadap isu representasi, dan karakterisasi karakter – karakter video game modern telah mengalami transisi menjadi lebih representasi. Banyak karakter video game yang kini merepresentasikan berbagai komunitas dan etnis minoritas dalam lore-nya, terutama dengan game game dengan karakterisasi dan penggambaran lore yang kuat seperti halnya Valorant, Apex Legends, Overwatch, dan lain lain. Dengan inklusivitas yang terus berkembang , tentunya banyak pihak cukup optimis dengan masa depan industri video game.

Seusai sesi pemaparan singkat kedua pembicara, sesi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang melibatkan peserta dan kedua penanggap diskusi. Masako selaku moderator membantu memfasilitasi sesi diskusi yang berjalan dengan cukup kondusif dan dipenuhi oleh pertanyaan para peserta yang partisipatif. Para peserta mengajukan beberapa tanggapan dan pertanyaan, baik langsung lewat Zoom maupun lewat fitur chat yang tersedia.

Seusai sesi diskusi, kedua pembicara diberikan waktu untuk memberikan closing statement untuk mengakhiri sesi, sebelum acara ditutup oleh moderator

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.