[IIS RECAP] Beyond The Great Wall #24 : Rivalitas Dua Raksasa Asia : Modernisasi Militer Cina dan Respons India

Jumat, (23/12) lalu, Institute of International Studies, Universitas Gadjah Mada (IIS UGM) telah berhasil menyelenggarakan edisi ke-24 sekaligus edisi terakhir forum diskusi Beyond The  Great Wall (BTGW) di tahun 2022. Dalam edisi kali ini, IIS UGM mengundang Khoirul Amin, Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Sebagai moderator, IIS UGM menghadirkan Cornelia Laras G. Kineta, Staf Divisi Diseminasi IIS UGM.

Dengan tema rivalitas diantara Cina dan India, edisi yang bertajuk “Rivalitas Dua Raksasa Asia : Modernisasi Militer Cina dan Respons India” mengangkat mengenai isu modernisasi militer Cina yang berlangsung dengan cukup progresif, dan bagaimana India sebagai salah satu saingan Cina di kawasan Asia merespons pembangunan militer tersebut. Dengan kekuatan dan pengaruh kuat yang dimiliki oleh kedua negara tersebut di kawasan, rivalitas keduanya dapat mempengaruhi stabilitas kawasan dan negara-negara lain disekitarnya.

Dalam acara yang berlangsung secara daring di platform ZOOM Meeting IIS UGM selama kurang lebih dua jam tersebut, peserta diskusi secara antusias mendengarkan pemaparan narasumber, dan berpartisipasi secara aktif dalam sesi tanya jawab yang berjalan dengan kondusif.