DPD #6

Group or Mass Petitions. Ini adalah metode #6 dari 198 metode nirkekerasan a la Gene Sharp. Ia masuk dalam kategori “protes dan persuasi.”

Petisi, atau tuntutan yang ditandatangani, dapat disampaikan oleh anggota kelompok tertentu atau oleh massa secara luas. Salah satu yang paling monumental dalam sejarah kita adalah Petisi 50, yang merupakan ungkapan keprihatinan 50 tokoh nasional, termasuk di dalamnya Ali Sadikin (mantan gubernur Jakarta), A.H. Nasution (mantan Kepala StafAngkatan Bersenjata), Hoegeng Imam Santoso (mantan Kapolri) dan Muhammad Natsir (mantan Perdana Menteri). Petisi ini mengkritisi Soeharto yang dianggap mempersonifikasi Pancasila, mempolarisasi masyarakat menjadi mereka yang ingin melestarikan Pancasila versus yang ingin menggantinya, serta memposisikan ABRI untuk berpihak.

Di era digital ini, banyak petisi yang diedarkan online, misalnya yang menuntut pengungkapan pembunuh Munir, yang mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah langsung, yang meminta dicabutnya Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, dan lain-lain.

Sudahkah Anda menandatangani petisi bulan ini?