DPD #37

Singing (Menyanyi). Ini adalah metode #37 dari 198 metode nirkekerasan a la Gene Sharp. Ia termasuk dalam kategori protes dan persuasi.

Menyanyi dapat memiliki berbagai arti. Menyanyi dapat menjadi metode perlawanan ketika dipakai “menenggelamkan” suara lawan, menarasikan isu yang diperjuangkan, atau menyertai laku protes lainnya.

Pada bulan Juli 2016, sekitar 200 mahasiswi Ewha Womans University di Seoul melakukan protes menuntut mundurnya rektor mereka. Ketika 1.600-an polisi memasuki gedung dan berusaha membubarkan protes, para mahasiswi bersatu padu menyanyikan menyanyikan “Into the New World,” lagu debut milik girlband Korea SNSD. Aksi ini merupakan cikal bakal gerakan menurunkan Presiden Park Geun-hye.

Barangkali, salah satu lagu protes paling terkenal di dunia adalah “We Shall Overcome” karya Joan Baez. Ribuan orang telah menyanyikannya di berbagai aksi nirkekerasan di seluruh penjuru dunia. Joan Baez tidak henti-hentinya menciptakan dan menyanyikan lagu-lagu protes. Salah satu yang terbaru adalah “Nasty Man,” yang ditujukan kepada Presiden Donald Trump

Lagu apa yang pernah kamu nyanyikan saat protes?

#DamaiPangkalDamai #Nirkekerasan #Nonviolence #GeneSharp #Singing