DPD #31

“Haunting” Officials. Ini adalah metode #31 dari 198 metode nirkekerasan a la Gene Sharp. Ia termasuk dalam kategori protes dan persuasi.

Ketika pejabat menolak mempertanggungjawabkan perbuatannya, kita dapat “menghantui” pejabat tersebut dengan senantiasa “hadir” dalam kesehariannya dan mengingatkannya akan “dosa politik” yang telah diperbuat.

Pada tahun 2000, para petugas keamanan Serbia melancarkan represi penuh kekerasan terhadap warga yang ingin menggulingkan rezim Slobodan Milosevic. Merespon hal ini, para aktivis beramai-ramai mendatangi rumah-rumah petugas guna “menghantui” mereka yang diketahui melakukan pemukulan terhadap warga sipil.

Di akhir tahun 1980an, PETA (People for the Ethical Treatment of Animals)melancarkan serangkaian protes kepada perusahaan kosmetik Avon, yang mengujicobakan produknya kepada hewan. Salah satu hal yang dilakukan adalah terus-menurus menelepon pimpinan eksekutifnya, James E. Preston, yang tengah mengikuti konferensi asosiasi perusahaan kosmetik, sabun, dan parfum di sebuah hotel. Secara bergantian, aktivis menelepon kamar hotel Preston meminta pertanggungjawabannya.

Pejabat mana yang akan kamu “hantui?” Bagaimana kamu menghantuinya?

#DamaiPangkalDamai #NonViolence #Nirkekerasan #GeneSharp#Haunting