DPD #22

Protes dengan Melepas Pakaian (Protest Disrobing). Ini adalah metode #22 dari 198 metode nirkekerasan a la Gene Sharp. Ia termasuk dalam kategori protes dan persuasi.

Salah satu cara efektif melakukan protes adalah dengan membuka pakaian di depan umum. Ini tentu saja menarik perhatian publik dan membuka ruang perdebatan mengenai isu yang diangkat.

Sekilas, metode ini paling pas untuk protes-protes yang berkaitan dengan hak atau otonomi akan tubuh. Meski demikian, ia sering juga digunakan pada isu lain, dengan tujuan spesifik yaitu menggarisbawahi militansi para aktivisnya serta membuat lawan malu atau segan “menangkap” atau “membubarkan secara fisik” para aktivis.

Bertelanjang dada adalah metode protes andalan FEMEN. Mereka memilihnya karena tubuh dipandang dapat melawan ketidakadilan. Terlepas dari isu-isu anti-patriarki, FEMEN aktif memprotes penyelewengan pemerintahan, kesemuanya dengan bertelanjang dada. Di antara politisi dunia yang pernah mereka protes meliputi Vladimir Putin (Rusia), Silvio Berlusconi (Italia), Milos Zeman (Ceko), Recep Tayyip Erdogan di (Turki).

Pernahkah kamu menjumpai aksi serupa? Apakah aksi itu membuatmu menaruh perhatian pada isu yang diangkat?

#DamaiPangkalDamai #GeneSharp #Disrobing #NonViolence#Nirkekerasan