Stakeholder Forum "Membangun Masyarakat Tangguh Bencana"

Posted on 03 Feb 2016 - Views: 234

Stakeholder Forum "Membangun Masyarakat Tangguh Bencana"

Program on Humanitarian Action (PoHA) program riset di bawah Institute of International Studies (IIS) Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada, menyelenggarakan acara bertajuk Stakeholder Forum "Membangun Masyarakat Tangguh Bencana" pada tanggal 02 Februari 2016. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan University Club Hotel and Convention, UGM dengan mengundang para pemangku kepentingan untuk berdiskusi dalam penanganan masalah kemanusiaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan yang dilakukan Program on Humanitarian Action (PoHA) sekaligus memperkenalkan Program Master Diplomasi Kemanusiaan Global yang dimiliki Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM. Kegiatan ini juga berusaha mengidentifikasi masalah-masalah pokok dalam penanganan masalah kemanusiaan yang terjadi di Yogyakarta.

Penanganan masalah kemanusiaan memerlukan aksi kolektif yang melibatkan berbagai aktor dari berbagai sektor. Saat bencana melanda, akan ada berbagai aktor dari berbagai sektor yang terlibat, misalnya sektor tanggap darurat, kesehatan, pangan, lingkungan, pendidikan, dan lain-lain. Dalam praktiknya berbagai aktor yang terlibat dalam penanganan masalah kemanusiaan cenderung menggunakan pendekatan sektoral, sehingga kurang terintegrasi dengan sektor-sektor yang lain.

Hal yang perlu dilakukan untuk menuju aksi kemanusiaan yang lebih terintegrasi adalah membangun kesadaran bahwa setiap sektor memiliki peran dan kontribusi masing-masing dalam masalah kemanusiaan. Sehingga perlu adanya jalinan hubungan antar aktor dan sektor dalam menjalankan aktivisme di bidang aksi kemanusiaan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kolaborasi yang terjadi antara kampus dan pemangku kepentingan diharapkan bisa menjadi wadah berdiskusi dalam penanganan masalah kemanusiaan serta merancang potensi kerja sama di masa yang akan datang.